Liga La Liga

Keyakinan dan Keraguan Barcelona Jelang El Clasico

La Liga

 El Clasico – segera tiba. Duel panas Barcelona vs Real Madrid ini selalu mencuri perhatian, bahkan bisa menentukan siapa yang bakal jadi juara pada musim tersebut.

Musim ini, El Clasico pertama lebih mencuri perhatian dari biasanya. Laga ini seharusnya dimainkan pada akhir Oktober lalu, tapi ditunda karena alasan keamanan. Akhirnya, diputuskan laga ini bakal dihelat pada Kamis (19/12/2019) dini hari WIB mendatang.

Seperti biasa, El Clasico tidak hanya soal tiga poin, ada gengsi dan harga diri yang dipertaruhkan. Kali ini, Camp Nou siap mengintimidasi pemain-pemain Madrid.

Keputusan menunda El Clasico ini sempat dikritik dan disayangkan, tapi sekarang justru terbukti lebih menguntungkan. Saat ini kondisi Barca dan Madrid sama-sama mendekati puncaknya.

Barca sebagai tuan rumah dijagokan menang. Biar begitu, ada sejumlah kekurangan pada tim Barca saat ini. Permainan pasukan Ernesto Valverde ini belum sempurna, ada yang meyakinkan dan yang meragukan.

 

Meragukan: Lini Belakang Rapuh

Barca sudah kebobolan 20 gol di La Liga musim ini dan 4 kali di Liga Champions. Artinya, mereka sudah kebobolan 24 kali hanya dalam 22 pertandingan.

Juga, Blaugrana hanya bisa menorehkan enam clean sheets, hanya satu dari catatan itu yang diraih dalam sembilan pertandingan terakhir.

Catatan buruk ini tidak seperti Barca yang biasanya. Jelas jadi masalah untuk Valverde.

 

Meragukan: Bek Kiri?

Jordi Alba akhirnya bisa bermain kembali kontra Sociedad, tapi belum benar-benar mencapai level terbaiknya. Alba baru pulih dari cedera panjang, masih meragukan.

Alba jelas bakal jadi pilihan utama kala menjamu Madrid nanti. Namun, Valverde mungkin harus mempertimbangkan Nelson Semedo sebagai pilihan.

Meragukan: Lini Tengah

Terlalu sering diutak-atik, kemampuan Sergio Busquets sudah menurun. Dia tampil mengecewakan di kandang Sociedad, bahkan ditarik keluar di menit ke-73.

Gelandang Spanyol ini kalah bersinar dari Ivan Rakitic. Busquets pun membuat pelanggaran yang berhadiah penalti untuk Sociedad.

Meyakinkan: MSG Mematikan

Antoine Griezmann tampak benar-benar nyaman di Barcelona dewasa ini. Dia mulai membentuk kombinasi mematikan bersama Lionel Messi dan Luis Suarez.

Sekarang, trio MSG ini telah mencetak 33 gol bersama (Messi 14, Suarez 12, dan Griezmann 7). Ketiganya jelas bakal jadi pilihan utama kala menjamu Los Blancos.

 

Meyakinkan: Energi De Jong

Frenkie de Jong merupakan salah satu pemain terbaik Barca sejak awal musim, konsisten. Dia terbukti sebagai pemain yang selalu bisa diandalkan Valverde.

De Jong tidak hanya jagi mengumpan atau mengatur tempo, dia juga paham betul cara menjaga kondisi tubuh untuk tetap fit.

 

Meyakinkan: Istirahat Ekstra

El Clasico bakal dimainkan pada Kamis 19 Desember 2019 pukul 02.00 WIB. Barca terakhir bermain kontra Real Sociedad, Sabtu (14/12) kemarin pada pukul 22.00 WIB, sementara Madrid baru bermain pada Senin (16/12) pukul 03.00 WIB.

Artinya, Barca mendapatkan waktu istirahat 30 jam lebih banyak dari Madrid. Terlebih Barca bermain sebagai tuan rumah, mereka tidak perlu menghabiskan waktu dalam perjalanan.

Sumber: Marca

 

Comment here